Kecemerlangan di Kota 1001 Malam

Kecemerlangan di Kota 1001 Malam

Assalamualaikum teman teman sekaliann…

Lama tidak bersua yaaa, kalian apa kabar?? sehat selalu yaaaw 🙂

btw busway hari ini bahas apa ya gais??

Hari ini sesuai judul aku mau bahas salah satu peradaban islam legendaris dalam catatan sejarah dunia, banyak bgt peradaban-peradaban umat muslim yang gemilang dan membanggakan tapi yang aku paling sukaaaa ya ini, peradaban yang menghias baghdad apalagi kalau bukan “Peradaban Dinasti Abbasiyah”.

Daulah Abbasiyah adalah sebuah dinasti yang didirikan oleh Abul Abbas As-Saffat pada tahun 750 M saat beliau berhasil mengalahkan Khalifah Marwan II yang merupakan Khalifah Bani Umayyah terakhir saat itu. Nantinya peradaban ini berhasil menjadi penyumbang terbesar dalam kemajuan ilmu pengetahuan modern bahkan Baghdad disebut-sebut merupakan kota lahirnya peradaban dunia.

Apa yang membuat baghdad nampak sangat istimewa dan memiliki warna tersendiri di mata saya? Setelah banyak membaca literatur yang menceritakan perjalanan Dinasti Abbasiyah menuju kegemilangan saya merasa bahwa dinasti ini memiliki semangat yang begitu tinggi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi umat islam saat itu. Para Khalifah dinasti Abbasiyah telah meninggalkan metode kepemimpinan para Khulafaur Rasyidin yang penuh kesederhanaan, para khalifah ini cenderung menerapkan gaya hidup yang lebih glamour, hal ini tak selalu buruk mengingat mereka nyatanya peduli dan memberi dukungan penuh pada kegiatan keilmuandan dan kebudayaan yang berjalan di seluruh baghdad, hampir di setiap sudut kota terdapat perpustakaan dan laboratorium, Bait al Hikmah didirikan sebagai pusat kajian ilmu pengetahuan dan penerjemahan buku-buku dari bahasa latin. Rakyat Abbasiyah pun dikenal sangat cinta ilmu dan suka belajar ilmu-ilmu seperti matematika, astronomi, geografi, kedokteran, dan lain-lain. Tak heran pada masa itu Baghdad adalah pusat intelektual dan terbilang terbanting jauh dengan peradaban barat yang suram saat itu.

Selain itu, kehidupan khalifah yang terbilang mewah ini juga memberi dampak pada kemajuan bidang arsitektur islam pada masanya, Istana, masjid, dan berbagai bangunan dengan sentuhan estetika dan arsitektur seni bernilai tinggi berdiri dengan kokoh di berbagai penjuru negeri membuat bagdad bagai permata yang bekilau sangat terang.

Selain itu yang membuat saya terkesan adalah kehidupan istana yang penuh kemudahan ternyata tak lantas membuat khalifah acuh terhadap rakyatnya. Seperti kisah yang pernah saya dengar dimana Khalifah Harun Ar-rasyid seringkali pergi berkeliling baghdad pada malam hari untuk melihat kondisi rakyatnya, ia ingin melihat sendiri bagaimana kondisi kehidupan yang dijalani rakyatnya untuk kemudian memberikan bantuan apabila ada yang kesulitan kondisinya. Kemiliteran saat itu juga dibentuk dengan kokoh dengan adanya pelatihan khusus bagi para tentara untuk menjadi prajurit yang profesional.

Terkadang ini menjadi refleksi bagi diri saya sendiri dimana seringkali saya menyesali apabila hal-hal yang saya lakukan setiap harinya masih jauh dari kata produktif, terkadang saya juga menyesali sikap remaja muslim saat ini yang nyatanya telah banyak mendapat pengaruh kebudayaan barat yang cenderung melalaikan, terlalu banyak bermain dan sedikit menghasilkan karya, tak saya pungkiri diri saya sendiri pun memiliki karakter-karakter tersebut. Padahal apabila kita bisa mewarisi cita-cita generasi Abbasiyah dengan memiliki semangat belajar, berbudaya, dan berkarya yang tinggi bukan tidak mungkin peradaban islam saat ini pun bisa segemilang Dinasti Abbasiyah, bukan tidak mungkin islam saat ini semakin berwibawa dan disegani, bukan tidak mungkin kita kembali menjadi pencetus insan-insan gemilang. Saya berharap kita bisa bahu-membahu untuk ini ya kawan, dengan membaca sejarah peradaban Dinasti Abbasiyah kita dapat merenung, kita dapat belajar, kita dapat merefleksi dan mengoreksi diri.

Aku rasa sampai disini dulu yaaa, sekian dari akuu, makasih ya udah mau baca,maaf kalau ada salah-salah kata, babaiii….

 

 

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *